Pentingnya Manajemen Inventory Bagi Suatu Perusahaan

Pentingnya Manajemen Inventory Bagi Suatu Perusahaan

Kunci pertama kita sebut dengan istilah manajemen kinerja, yaitu suatu mekanisme yang dilakukan untuk menyusun ukuran/indikator kinerja sebagai alat untuk mengetahui tercapai/tidaknya tujuan organisasi. Kunci kedua kita sebut dengan istilah manajemen budaya, yaitu suatu mekanisme untuk menanamkan kesadaran mengenai apa saja yang penting/tidak penting sehingga pada akhirnya kesadaran tersebut mampu menjiwai setiap perilaku dalam berorganisasi. Menurutnya pengertian organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Hal ini sepertinya terlihat sulit, padahal jika dilakukan sebagai rutinitas “strategis”, karena proses pencarian dan pengolahan information ini membutuhkan keuletan dan kesabaran, tergantung pribadi masing-masing dan data yang berhubungan pihak di luar. Kita hanya perlu tahu bagaimana cara memulainya, ketika sudah berjalan semua akan menguntungkan diri kita dan lingkungan sekitarnya, dan intinya tentu semuanya menjadi jauh lebih mudah dengan data yang telah terkumpul di dalam genggaman tangan kita. Menurut Anwar , manajemen knowledge yang efektif merupakan karakteristik yang perlu diperhatikan dalam sistem informasi. Hal yang perlu diperhatikan meliputi waktu mengup-date file, akurasi input data, pemeliharaan kesatuan information yang disimpan dalam sistem, keperluan keamanan knowledge yang sudah digunakan, serta fasilitas back-up yang memadai.

Enterpreneur harus dapat memastikan bahwa struktur organisasi yang dirancang dapat mendorong mencapai tujuan organisasi. Disamping itu, dengan semakin majunya tekhnologi dan perubahan lingkungan yang semakin dinamis, struktur organisasi hendaknya lebih fleksibel untuk merespon perubahan tersebut. Manajemen bisa dideskripsikan sebagai sebuah proses sosial yang melibatkan tanggung jawab untuk masalah ekonomi serta operasional perencanaan dan regulasi yang efektif suatu perusahaan untuk mencapai tujuan utama. Manajemen memiliki proses yang dinamis dan terdiri dari beragam elemen serta aktivitas. Aktivitas manajemen berbeda dari fungsi operasional yang dilakukan oleh bagian advertising, keuangan, dan sebagainya.

Misalnya, menargetkan nilai penjualan produk ABC naik 10% lebih masuk akal daripada menargetkan kenaikan 120%. Objektif taktis – tentang apa yang harus dicapai oleh departemen atau divisi di dalam perusahaan anda. Itu bertujuan untuk memfokuskan upaya untuk mendukung dan mencapai objektif strategis. Dengan menetapkan objektif taktis, mereka dapat memetakan bagaimana departemen mereka dapat berkontribusi untuk mencapai objektif strategis, menentukan apa yang harus mereka lakukan dan capai. Objektif perusahaan perlu dipecah menjadi objektif yang lebih spesifik untuk memberikan arah yang lebih jelas.

Hal ini tentu akan menimbulkan sikap curiga dan ini sangat tidak sesuai dengan konsep komunikasi efektif. Dengan adanya sikap toleransi ini, maka akan semakin mudah untuk dilakukannya musyawarah. Jika ada perbedaan pendapat atau cara pandang di dalam sebuah tim kerja, maka dengan musyawarah, perusahaan dapat mencari jalan tengah atau hal yang lebih win-win answer. Komunikasi yang baik dapat mempengaruhi seseorang menjadi lebih giat dalam bekerja.

Jenis komunikasi eksternal ini biasanya digunakan jika organisasi tersebut ingin mencari sponsor maupun iklan sehingga membutuhkan pihak dari luar organisasi untuk membantu. Komunikasi organisasi memiliki dua jenis umum, yaitu inside serta eksternal. Jenis internal merupakan komunikasi yang fokus kepada interaksi serta upaya untuk membangun atau menguatkan relasi antar sesama anggota organisasi tersebut. Menurut Goldhaber komunikasi organisasi adalah sebuah proses penciptaan serta saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang bergantung oleh satu sama lain untuk mengatasi lingkungan tidak pasti atau lingkungan yang berubah- ubah. Pengendalian juga mengharuskan manajer untuk membuat deskripsi pekerjaan tertulis untuk setiap staf. Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda silakan bagikan di sosial media anda dan berikan komentar apakah anda merasa penting untuk mendapatkan pelatihan bisnis untuk diri anda dan tim anda?

Pemahaman masyarakat mengenai peraturan perpajakan sangatlah penting, hal tersebut akan mendorong kesadaran masyarakat terutama Wajib Pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Masruroh Siti & Zulaikha yang menyatakan pengetahuan dan pemahaman peraturan perpajakan merupakan proses wajib pajak mengetahui dan mengaplikasikan pengetahuan tersebut untuk membayar pajak. Manusia adalah aset perusahaan paling berharga, yang apabila tidak dikelola dan dikembangkan, maka akan menyulitkan organisasi untuk berkembang dan mencapai tujuan. Saat seorang karyawan mengerti dan memahami, apa sajakah tujuannya untuk bekerja?

Pentingnya suatu tujuan

Melansir APA, Terrie Moffitt, PhD dari Duke University melakukan penelitian terhadap seribu orang. Individu-individu ini dipantau dari sejak mereka lahir hingga berusia 32 tahun. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap penyandang disabilitas, diketahui bahwa mereka berteguh hati lebih mampu mengontrol diri sendiri alih-alih meminta bantuan dari orang lain.

Tanpa tujuan, kamu akan kembali ke rutinitas yang membuat kamu terbuai dan nyaman. Padahal, kamu bisa melakukan lebih dari apa yang sudah kamu kerjakan saat ini. Saat kamu menetapkan tujuan, upayakan untuk membuat tujuan yang sedikit lebih tinggi dari apa yang bisa kamu capai. Kerja keras ini akan membawa kamu pada hasil terbaik dari apa yang sudah kamu kerjakan.

Comments are closed.